Rabu, 12 Agustus 2009

PROGRAM CATIA


Software CATIA (Computer Aided Three Dimensional Interactive Applicaton) saat ini merupakan perangkat lunak yang menjadi andalan beberapa industri desain dan manufacturing. Software ini sangat berguna untuk membantu proses desain (CAD), rekayasa (CAE) maupun manufaktur (CAM), yang memungkinkan proses-proses pemodelan seluruhnya dilakukan secara digital sehingga tidak diperlukan lagi gambar manual maupun model fisik. Software ini juga handal dalam memenuhi kriteria artistik, kelayakan mekanis, kenyamanan (ergonomis) dan juga kelayakan secara bisnis dari suatu desain produk. CATIA memiliki aplikasi yang sangat lengkap (140 aplikasi) untuk berbagai keperluan disiplin ilmu teknik.

Sejarah CATIA dimulai saat Dassault Systemes mengembangkannya untuk Dassault Aviation dan mulai digunakan secara komersial sejak tahun 1981. Software ini dipasarkan oleh IBM yang sebelumnya telah memiliki solusi sejenis yang disebut CADAM yang juga digunakan antara lain di IPTN, PAL, National Gobel dan INKA. Pada tahun 1982 CADAM digabungkan dengan CATIA. Saat ini setidaknya CATIA digunakan 80.000 perusahaan di 80 negara dengan proporsi industri automotif sebesar 33%, aerospace (16%), alat elektronik dan konsumen (13%), fabrikasi dan assembly (34%) serta pabrik dan kapal (4%).

Selain digunakan untuk perusahaan-perusahaan besar, CATIA juga sangat terbuka untuk dimanfaatkan oleh UKM (usaha kecil dan menengah) dalam membuat inovasi-inovasi baru. Hal ini sangat terbantu dengan ketersediaan software tersebut dalam paket yang scalable bagi industri besar mapun kecil.

Terkait dengan dengan pendidikan, saat ini telah berdiri beberapa CATIA Center di sejumlah perguruan tinggi di Indonesia. sedangkan untuk jenjang pendidikan non formalnya masih sedikit, untuk memenuhi kebutuhan SDM akan penguasaan CATIA maka kami Lembaga Pendidikan Indonesia-Amerika cabang Margonda membuka program tersebut untuk umum.

untuk lebih mengetahui sekilas tentang program tersebut anda bisa melihat video di bawah ini & sekilas cylabus tentang program Catia


Tidak ada komentar: